Impresi Media Sosial Dalam Pengungkapan Tindak Pidana

https://doi.org/10.24905/plj.v2i1.58

Authors

  • Henrico Pajrul Falah Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
  • Achmad Irwan Hamzani Fakultas Hukum, Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
  • Kus Rizkianto Fakultas Hukum, Universitas Pancasakti Tegal, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

Impresi, Media Sosial, Tindak Pidana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran impresi dalam mengungkap kasus tindak pidana yang ada di media sosial yang menjadi alat pembuktian dalam penyelidikan. Pada era digital saat ini banyak sekali terjadi kasus tindak pidana yang awal mulanya dipicu melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan normatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder serta untuk mendukung data penelitian kepustakaan penulis melakukan wawancara dengan Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan Polres Brebes. Hasil penelitian pelaksanaan Impresi sebagai Informasi yang disebarluaskan di media sosial dapat menjadi sarana untuk menguraikan awal kejadian suatu perkara tindak pidana guna kepentingan pembuktian, serta digunakan sebagai bukti terjadinya tindak pidana yang dapat digunakan penyidik untuk melakukan Penyelidikan dan Penyidikan pada suatu kasus tindak pidana

Published

2024-05-13

How to Cite

Henrico Pajrul Falah, Achmad Irwan Hamzani, & Kus Rizkianto. (2024). Impresi Media Sosial Dalam Pengungkapan Tindak Pidana. Pancasakti Law Journal (PLJ), 2(1), 35–46. https://doi.org/10.24905/plj.v2i1.58

Most read articles by the same author(s)